Tips Pertolongan Pertama Ketika Terkena Serangan Jantung


Serangan jantung adalah kondisi dimana terputusnya aliran darah yang membawa oksigen ke jantung, yang dimana jika itu terjadi akan merusak otot jantung karena tidak mendapat suplai oksigen. Anda harus tau bahwa serangan jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Untuk bersiaga, sebaiknya Anda mengetahui apa saja tips pertolongan pertama ketika terkena serangan jantung.

Ada banyak kasus penderita serangan jantung yang tidak dapat diselamatkan akibat tidak mendapat pertolongan pertama atau lambat dibawa ke rumah sakit. Serangan jantung itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Untuk itu sebabiknya Anda mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama ketika terkena serangan jantung menyerang.

Apa Saja Penyebab Serangan Jantung?

Ada banyak hal yang menjadi penyebab serangan jantung misalnya saja tidak menerapkan pola hidup sehat, kurang olahraga, sering mengonsumsi makanan penyebab serangan jantung mendadak seperti lemak, santan, dan makanan junkfood lainnya.

Aktivitas fisik yang berat juga dapat memicu terjadinya serangan jantung. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga, justru melakukan olahraga yang tepat dan teratur akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, stroke dan jantung.

Tips Pertolongan Pertama Ketika Terkena Serangan Jantung

Dengan tips-tips di bawah ini, bisa Anda jadikan sebagai cara mengatasi serangan jantung saat sendirian. Jika Anda secara tiba-tiba terkena serangan jantung cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Jika serangan jantung menyerang, jangan panik. Cobalah untuk menenangkan diri Anda dengan duduk dan beristirahat. Setelah itu ambil napas secara perlahan dan teratur. Apabila pakaian yang Anda pakai terlalu ketat, cobalah untuk mengendurkannya.
  • Jika pertolongan pertama ketika terkena serangan jantung di atas tidak bekerja, cobalah untuk meminum aspirin agar jantung Anda kembali normal. Tapi sebelum itu Anda harus tau apakah Anda alergi terhadap aspirin atau Anda dilarang oleh dokter untuk mengonsumsinya.


Jika orang yang terkena serangan jantung adalah orang lain dan orang tersebut sudah tidak sadarkan diri, segeralah melakukan CPR sebelum bantuan datang dengan cara-cara berikut :

  • Letakkan tumit tangan Anda yaitu bagian atas pergelangan tangan tepat di bagian tengah tulang dada orang tersebut.
  • Kemudian taruh tangan yang lain di atas tangan Anda yang satu, dan buat jari-jari kedua tangan Anda saling menggenggam.
  • Limpahkan tenaga ke lengan Anda kemudian tekan sedalam 5-6 cm.
  • CPR dilakukan sebanyak 100-120 kali dalam satu menit, yang artinya kompresi dilakukan sebanyak kurang lebih 2 kali per detiknya.


Agar bahaya serangan jantung tidak terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda selalu mengontrol kesehatan tubuh dan jantung Anda ke dokter. Ada banyak rumah sakit dengan dokter jantung yang sudah berpengalaman seperti di RS Columbia Asia Semarang. Anda bisa menemukan beberapa dokter ahli jantung terbaik di rumah sakit tersebut.

Di samping itu berusahalah untuk selalu menjaga kesehatan Anda. Dengan bantuan artikel-artikel kesehatan Anda bisa mengetahui apa saja yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Untuk menemukan artikel-artikel tips kesehatan, Anda bisa memilih Halodoc sebagai forum kesehatan Anda. Di sana Anda juga bisa menemukan rekomendasi rumah sakit terdekat serta dokter spesialis sesuai dengan keluhan Anda. Bahkan di aplikasi Halodoc Anda juga bisa melakukan pemesanan online untuk memeriksa kesehatan fisik jantung Anda.

Itulah beberapa tips pertolongan pertama ketika terkena serangan jantung yang bisa Anda lakukan untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Daripada mengobati, sebaiknya Anda menjaga kesehatan jantung agar tidak membahayakan hidup Anda di kemudian hari.

Belum ada Komentar untuk "Tips Pertolongan Pertama Ketika Terkena Serangan Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel