Tanya Dokter Seputar Hipertensi: Langkah Pencegahan Bagi Orang yang Memiliki Keturunan Darah Tinggi


Tidak bisa dipungkiri jika seandainya beberapa jenis penyakit bisa menyerang seseorang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sehingga menyebabkan orang tersebut lebih mudah untuk terserang masalah kesehatan yang sama meskipun sudah menerapkan gaya hidup sehat. Seperti diantaranya adalah hipertensi atau yang dikenal sebagai darah tinggi. Masalah kesehatan yang sering kali dianggap sepele, padahal sebenarnya serius karena dapat menyebabkan komplikasi berbahaya terhadap kondisi kesehatan organ tubuh yang lainnya. Tanya dokter seputar hipertensi dan bahayanya.

Selain disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, sebenarnya hipertensi ini juga dapat dipicu karena genetik atau faktor keturunan. Dimana untuk anak yang memiliki orang tua dengan penyakit tekanan darah tinggi ini, maka besar kemungkinan di kemudian hari juga akan menjangkiti mereka. Namun tidak perlu khawatir, karena meskipun ada faktor genetik, tetapi tetap ada cara untuk menghindari penyakit hipertensi ini, berikut diantaranya, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kurangi asupan garam, makan tanpa garam memang rasanya kurang pas. Namun jika berlebih maka garam ini yang akan memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu solusinya adalah dengan menjaga pola makan, konsumsi makanan sehat dengan mengurangi jumlah garam yang digunakan untuk mengolahnya. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti diantaranya adalah buah dan sayur yang dapat mengendalikan tekanan darah tersebut agar tetap normal.
  2. Perbanyak melakukan aktivitas fisik, dengan membuat badan aktif dalam bergerak hal ini efektif di dalam membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh tanpa harus berolahraga. Sebut saja diantaranya adalah dengan bersih-bersih, kemudian juga naik turun tangga yang ada di kantor, memperbanyak jalan kaki dibandingkan dengan mengandalkan kendaraan dan sejenisnya. Orang-orang yang menjaga tubuhnya tetap bugar maka bisa mengurangi resiko terserang penyakit hipertensi hingga 34 persen.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal, faktanya sendiri memang berat badan seseorang juga sangat berpengaruh terhadap resiko terkena tekanan darah tinggi, apalagi pada kategori orang yang kegemukan atau mengalami obesitas. Untuk itu langkah terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menjaga berat badan Anda agar tetap ideal, guna mencegah penyakit tekanan darah tinggi tersebut di masa depan.
  4. Berhenti merokok, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya rokok ini adalah bahan yang dapat memicu beragam jenis penyakit kronis, termasuk diantaranya adalah hipertensi. Guna mencegah hal tersebut, alangkah baiknya bagi Anda untuk membiasakan gaya hidup sehat seperti diantaranya adalah dengan tidak merokok. Karena nikotin yang ada di dalam rokok tersebut memang bisa memicu saraf untuk memproduksi hormon yang nantinya bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga tekanan darah juga jadi meningkat.
  5. Kelola stress dengan baik, jika perlu maka alangkah baiknya untuk menghindari faktor penyebab stress ini. Karena memang pada dasarnya stress ini bisa meningkatkan tekanan darah seseorang untuk sementara, jika tidak segera diatasi tentunya akan semakin menumpuk dan tidak bisa diatasi, akibatnya memicu tekanan darah juga semakin meningkat. Cobalah untuk berolahraga, mendengarkan musik ataupun juga menonton film yang menyenangkan untuk mengurangi stress tersebut.

Asalkan menerapkan gaya hidup yang sehat, tidak masalah meskipun Anda memiliki faktor resiko besar terkena hipertensi, namun sebenarnya tetap bisa dicegah. Tanya dokter seputar hipertensi untuk alternatif pengobatan jika seandainya sudah merasakan gejala-gejalanya, konsultasikan mudah lewat aplikasi Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Seputar Hipertensi: Langkah Pencegahan Bagi Orang yang Memiliki Keturunan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel