Asyarh Web.ID Blog's Indonesia Segala Bentuk Tulisan Memuat Dalam Blog Ini

Indonesia Memantau Gambut

Indonesia Memantau Gambut

Masih jelas di benak saya ketika terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia dan sebagian besarnya adalah di tempat tinggal saya Riau. Pada saat itu saya masih ingat betul bagaimana asap menyebar keseluruh tempat di Riau tak terlepas di Pekanbaru. Kebakaran yang menimbulkan gumpalan asap menyelubungi desa dan kota di Riau selama lebih kurang 10 - 14 hari yang menimbulkan bahaya yang sangat tinggi bagi makhluk hidup. Belum lagi kerugian Negara untuk menghentikan dan menetralisir kebakaran menuai kerugian yang sangat banyak. Ini semua karena kebakaran hutan dan lahan.

Karhutla

Kebanyakan dari lahan di daerah kami adalah lahan gambut dengan tanaman sawit. Sawit adalah tumbuhan dengan daya serap air yang sangat cepat. Sementara Gambut adalah tanah yang sangat rentan terbakar apabila kering. Inilah yang menyebabkan terbakarnya lahan gambut di Riau. Sementara masyarakat butuh pasokan material yang membuat kita semakin bingung akan hal ini.

Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan di Siak Sri Indrapura
Revegetasi Kebakaran Hutan dan Lahan
Revegetasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Sebenarnya kebakaran hutan ini sangat mudah untuk di tangani, kalau saja manusianya ingin benar-benar menjaganya. Ini yang pertama yakni kita harus sama-sama sadar dan menyayangi lahan gambut untuk menjaga diri kita, saudara kita dan Indonesia.

Kebakaran Lahan Kelapa Sawit di Desa Dayun Kec. Dayun 2015
Kebakaran Lahan Kelapa Sawit di Desa Dayun Kec. Dayun 2015
Lahan Gambut Bertumbuhan Sawit Terbakar
Lahan Gambut Terbakar di Siak Sri Indrapura
Kebakaran Hutan dan Lahan di Siak Sri Indrapura Mencapai Ribuah Hektar
Kebakaran Hutan dan Lahan di Siak Sri Indrapura Mencapai Ribuah Hektar dan Kebanyakannya adalah lahan Sawit Masyrakat Setempat

Setalah di observasi sendiri sebenarnya lahan gambut ini sudah di cegah kebakarannya. Dengan membuat kanal disetiap 300 Meter untuk memberikan pasokan air yang cukup ke lahan gambut agar tidak mudah terbakar. Ini adalah salah satu strategi masyarakat untuk merestorasi gambut ini. Bahkan mereka sudah melakukan revegetasi alam terdegradasi untuk membuat lahan dan hutan gambut kembali subur. lagi-lagi emang kita harus sama-sama sadar akan kesehatan sendiri, saudara, rakyat, dan Indonesia.

Tim KKN Kebangsaan 2015 Membantu Masyakat
Tim KKN Kebangsaan 2015 Membantu Masyakat

Sebelum menutup tulisan saya ini hanya ingin membagikan bagaimana hari-hari saya di gambut yakni sulit mendapatkan air yang jernih dan sangat menyenangkan apabila berladang. Kami sangat bahagia karena Tim Kuliah Kerja Nyata 2015 menetapkan tema mereka dengan "Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan" untuk membantu kami pada tahun itu. Dan kini kami sedikit banyak sudah belajar bagaimana mereka memberikan tips-tips untuk mencegahnya. Mulai dari Peraturan Desa, memberikan pendidikan anak tentang KARHUTLA sampai dengan observasi langsung ke tanah yang terbakar. Maka dari itu, jagalah lahan dan hutan gambut kita seraya menjaga diri sendiri dan menjaga Indonesia tercinta. Bacaan Lain : Pantau Gambut, Lahan Gambut dan #PantauGambut.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

No Spam

Copyright © Asyarh Web.ID | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com